Jenis Layanan

Oleh Admin

Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM menyediakan berbagai jenis layanan.
  1. Layanan Keanggotaan
  2. Layanan Kartu Baca
  3. Layanan Peminjaman Buku
  4. Layanan Penelusuran Informasi dan Permintaan Dokumen
  5. Layanan Jurnal Cetak dan Elektronik
  6. Layanan Karya Tulis Ilmiah
  7. Layanan Koleksi Khusus
  8. Layanan Akses Internet dan Workstation
  9. Layanan Bimbingan Penelusuran Literatur
  10. Layanan Fotokopi
  11. Layanan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP)

  1. Layanan Keanggotaan

    Kartu Anggota Perpustakaan (KAP) diberikan kepada civitas akademika (pengguna internal) untuk keperluan pinjam buku cetak, akses internet (WiFi), dan unduh konten lokal dari intranet FK UGM. Keanggotaan berlaku selama masa studi (2-5 tahun tergantung program studi).
    Syarat keanggotaan:
    • mengisi formulir anggota (dapat diunduh di sini) dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 2x3 ditempel di kolom yang tersedia
    • membayar Rp 30.000,00 untuk mahasiswa Program S2 dan S3 (tidak dipungut biaya bagi mahasiswa Program S1, dosen dan karyawan)
    • menyerahkan formulir yang telah diisi dan biaya keanggotaan ke konter Layanan Sirkulasi.
  2. Layanan Kartu Baca

    Kartu baca diberikan kepada pengguna luar FK UGM (pengguna eksternal) yang sering berkunjung ke Perpustakaan FK UGM. Bagi yang hanya sesekali datang dapat meminta ijin kunjungan harian. Kartu baca berlaku selama 6 bulan dan dapat diperoleh dengan biaya Rp 50.000,00 (mahasiswa Program S1) atau Rp 100.000,00 (mahasiswa Program S2, S3 atau masyarakat umum). Ijin kunjungan harian diberikan dengan biaya Rp 5.000,00/hari. Mahasiswa UGM selain dari Fakultas Kedokteran dikenai biaya separuh dari mahasiswa luar UGM. Permintaan kartu baca dilayani di konter Spot Control.
  3. Layanan Peminjaman Buku

    Pemilik KAP dapat meminjam buku 2 eksemplar (Program S1) atau 3 eksemplar (Program S2, S3 dan dosen/karyawan) per kali pinjam selama 14 hari. Peminjaman dapat diperpanjang selama tidak ada pemesanan atas buku yang dipinjam dan masa pinjam BELUM JATUH TEMPO. Permintaan perpanjangan pinjaman dapat dilayani melalui SMS ke 0274 8317706 dengan menyebutkan nomor KAP. Denda keterlambatan pengembalian sebesar Rp 1.000,00 per buku/hari.
  4. Layanan Penelusuran Informasi dan Permintaan Dokumen

    Anggota maupun non anggota perpustakaan dapat meminta bantuan pencarian informasi/dokumen tertentu yang tersedia maupun tidak tersedia di perpustakaan melalui petugas. Biaya per dokumen yang didapat sebesar Rp 3.000,00. Bila menghendaki cetak dokumen dibebani biaya tambahan Rp 1000,00 per halaman. Permintaan dokumen yang diperoleh dari luar Perpustakaan FK UGM dikenai tarif sesuai yang ditetapkan pemilik dokumen ditambah jasa perpustakaan.
  5. Layanan Jurnal Cetak dan Elektronik

    Koleksi jurnal cetak dilayankan untuk dibaca atau difotokopi bagian tertentu yang diperlukan. Akses dan unduh full text jurnal elektronik yang tersedia offline dapat dilakukan langsung oleh pemilik KAP sementara bagi pengguna eksternal (pemilik kartu baca atau ijin kunjungan harian) akses dilayani oleh petugas. Akses full text jurnal elektronik online dalam database yang dilanggan oleh Fakultas maupun Universitas dapat dilakukan dari lingkungan kampus maupun off kampus bagi civitas akademika yang telah memiliki akun email ugm.ac.id. Pengguna eksternal dapat mengakses melalui komputer yang disediakan di Ruang Electronic Library (EL).
  6. Layanan Karya Tulis Ilmiah

    Karya tulis ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan karya tulis ilmiah/penelitian dosen) cetak dilayankan untuk dibaca di tempat atau difotokopi bagian tertentu yang diperlukan. Permintaan fotokopi karya tulis ilmiah oleh pengguna eksternal harus disertai dengan kesanggupan untuk menandatangani lembar pernyataan yang memuat informasi tentang nama dosen pembimbing, asal dan alamat perguruan tinggi yang bersangkutan. Lembar pernyataan yang telah ditandatangani dikirimkan kepada dosen pembimbing untuk pemberitahuan.

    Naskah lengkap (full text) koleksi karya tulis ilmiah elektronik dapat diakses ataupun diunduh dari kampus FK UGM (lokal) oleh civitas akademika pemilik KAP; sementara pengguna eksternal akses ke full text dilayani melalui petugas setelah ada kesanggupan untuk menandatangani lembar pernyataan.
  7. Layanan Koleksi Khusus

    Koleksi khusus di Unit Perpustakaan FK UGM meliputi koleksi referensi (ensiklopedi, kamus, manual dll), koleksi terbitan World Health Organization (WHO) dan buku teks yang dilayankan untuk dibaca ditempat atau difotokopi bagian tertentu yang diperlukan. Koleksi buku teks cadangan disebut sebagai koleksi stock.
  8. Layanan Akses Internet dan Workstation

    Unit Perpustakaan FK UGM menyediakan lebih dari 150 unit komputer (workstation) untuk dipergunakan akses Internet dan keperluan studi lainnya di Ruang Electronic Library (EL). Pemakaian komputer di Ruang EL dikenai biaya Rp 1.000,00/jam bagi akademika FK UGM dan Rp 3.000,00/jam bagi pengguna eksternal. Bagi akademika FK UGM yang menghendaki akses Internet dari laptop atau sarana akses bergerak lainnya melalui jaringan kampus dapat dilayani dengan terlebih dulu mendaftarkan ke Unit IT di Lantai 2 Gedung Perpustakaan.
  9. Layanan Bimbingan Penelusuran Literatur

    Unit Perpustakaan memberikan layanan bimbingan penelusuran literatur bagi akademika FK UGM. Waktu dan pelaksanaan bimbingan disesuaikan dengan permintaan program studi. Bimbingan umumnya dilakukan per kelompok program studi pada masa awal perkuliahan (Agustus – September untuk program S1 dan Februari/Juli untuk S2).
  10. Layanan Fotokopi

    Layanan fotokopi di Unit Perpustakaan FK UGM diselenggarakan bekerjasama dengan penyedia jasa layanan fotokopi (outsource). Permintaan fotokopi dikenai biaya Rp 150,00 (datang sendiri ke konter fotokopi) dan Rp 200,00 (bila pesan melalui petugas).
  11. Layanan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP)

    SKBP adalah surat keterangan yang diberikan kepada mahasiswa FK UGM yang memerlukan surat tersebut untuk keperluan wisuda atau yudisium. SKBP diberikan apabila yang bersangkutan telah menyerahkan naskah karya akhir dan terbukti tidak memiliki pinjaman buku perpustakaan.
    Syarat memperoleh SKBP:
    • Menyerahkan karya akhir ke Sekretariat Perpustakaan dalam format hardcopy dan softcopy dalam bentuk PDF yang telah diberi bookmark (contoh 1) lengkap dengan lampiran dan lembar pengesahan yang telah ditandatangani pejabat berwenang dan distempel (contoh 2); serta lembar pernyataan penulis/peneliti yang telah ditandatangani (contoh 3).
    • Menunjukkan Bukti Penyerahan Karya Akhir dan menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan ke konter peminjaman untuk pengecekan pinjaman.
    • Membayar biaya administrasi Surat Keterangan Bebas Perpustakaan sebesar Rp 10.000,00 (S1/Profesi) atau Rp 50.000,00 (S2/PPDS/S3) ke Bendahara/Sekretariat Perpustakaan.
    Permintaan SKBP dilayani pada jam kerja pagi/sore sebagai berikut:
    Senin, Selasa, Kamis07:30 - 16:00
    Rabu08:30 - 16:00
    Jum'at07:30 - 11:00 dan 13:00 - 15:00 (Jum'at akhir bulan 07:30 - 11:00 dan 14:00 - 15:00)
    Layanan SKBP selama Ramadhan buka sd. Pukul 15:00.