Panduan H-Index Scopus

Oleh Admin

  1. H-Index
  2. Scimago Journal and Country Rank (SJR)
  3. Merge Scopus Author ID

H-Index

Hirsch index (h-Index) adalah salah satu standard untuk mengukur kinerja penelitian seorang peneliti (Hirsch, 2005). Dasar perhitungan yang digunakan dalam pengukuran h-Index adalah jumlah karya ilmiah yang dihasilkan dan jumlah kutipan (sitasi) yang diterima dari publikasi lain. H-Index diperkenalkan pertama kali oleh ilmuwan Universitas California San Diego, Jorge Eduardo Hirsch pada tahun 1985.

Scopus adalah sebuah database yang menjadi acuan/tolok ukur untuk menilai sebuah jurnal atau penelitian yang berkualitas. Scopus sering juga digunakan untuk acuan menentukan kualitas seorang peneliti berdasarkan h-Index yang dimiliki.

Untuk melihat h-Index seorang peneliti dalam database Scopus, dapat dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut :

  1. Buka peramban (browser) kemudian ketikkan ezproxy.ugm.ac.id.
  2. Masukkan UGM ID yang dimiliki ke dalam halaman login yang ditampilkan.
    Contoh: perpus@ugm.ac.id ketikkan perpus sebagai user (tanpa diikuti @ugm.ac.id)
  3. Dari daftar jurnal/database yang ditampilkan, pilih SCOPUS.
  4. Pada halaman awal SCOPUS yang tampil, pilih “Author Search” untuk memulai pencarian h-Index seorang peneliti.
  5. Masukkan nama peneliti yang ingin dicari nilainya (h-Index) di kolom Author, kemudian klik tombol “Search”.
  6. SCOPUS akan menampilkan nama penulis/peneliti yang kita cari. Selanjtunya klik nama penulis/peneliti yang bersangkutan untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  7. Scopus akan menampilkan profil penulis/peneliti yang mencakup jumlah penelitian yang telah dipublikasikan, Author ID, angka H-Index, jumlah sitasi, dan sebagainya.
  8. Untuk menampilkan detail informasi lebih lanjut, dapat dipilih menu analyze author ouput, view citation overview, view h-graph

Scimago Journal and Country Rank (SJR)

SCIMAGO Journal and Country Rank (SJR) adalah alternatif untuk melihat Impact Factor (IF) sebuah jurnal. Sebagaimana kita ketahui Impact Factor adalah standar pengukuran kualitas jurnal yang mengacu pada science citation index (SCI) dari Thomson Reuters.

Untuk melihat nilai SJR sebuah jurnal, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada halaman awal SCOPUS, pilih "Compare Journal".
  2. Ketikkan nama jurnal yang akan dicari pada kolom isian nama jurnal.
    Misal, "Journal of the American Academy of Dermatology".
  3. Kemudian klik tombol "Search" untuk meminta SCOPUS mulai melakukan pencarian.
  4. SCOPUS akan menampilkan hasil pencarian dengan nilai SJR ada di kanan nama jurnal. Untuk menampilkan grafik nilai SJR setiap tahunnya, berikan tanda centang di depan nama jurnal tersebut, maka grafik akan ditampilkan di sisi kanan.
  5. Untuk mendapatkan perbandingan nilai SJR beberapa jurnal, pada langkah no. 2 masukkan "subject" sebagai kata kunci pencarian, dan berikan tanda centang pada nama jurnal yang dikehendaki.

Merge SCOPUS Author ID

SCOPUS Author ID adalah no ID yang diberikan apabila seorang peneliti pernah mempublikasikan hasil penelitiannya ke dalam jurnal yang diindeks oleh SCOPUS. Format penulisan nama yang tidak sama antara satu jurnal dengan jurnal lain yang terindeks dalam SCOPUS, membuka kemungkinan adanya peneliti yang memiliki SCOPUS Author ID lebih dari satu. Hal ini suka tidak suka akan berdampak pada nilai H-Index peneliti yang bersangkutan.

Untuk memberitahu SCOPUS bahwa ID-ID tersebut dimiliki oleh orang yang sama, ikuti tahapan seperti berikut ini :

  1. Pada halaman awal SCOPUS, pilih "Author Search", kemudian isikan nama penulis yang akan dicari.
  2. Berikan tanda centang pada nama (ID) yang dimiliki oleh orang yang sama. Kemudian pilih menu "request to merge authors" yang terletak di atasnya,
  3. SCOPUS akan membawa kita ke halaman SCOPUS Author Feedback Wizard seperti berikut. Klik tombol "START" untuk memulai merge author wizard,
  4. Pilih nama (profile) yang ingin digunakan atau ditampilkan sebagai SCOPUS Author ID. Klik tombol "NEXT" untuk melanjutkan.
  5. SCOPUS akan menampilkan daftar jurnal yang merupakan penggabungan dari kedua nama tersebut. Cermati bahwa daftar hasil penggabungan ini sudah benar/sesuai. Klik "NEXT" untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  6. Lengkapi kolom isian yang ada sebelum mengakhiri wizard dengan menekan tombol "SUBMIT".